Berjualan secara online tak hanya sekedar untuk mencari untung. Namun kita juga bisa memberi peluang bagi calon pembeli yang mungkin berada di pelosok daerah, untuk tetap bisa mengkonsumsi produk-produk yang kian digemari di Ibukota.
Itulah alasan mengapa Tokopedia ada! Peluang ada dimana-mana, tinggal kita saja yang menentukan apakah akan memanfaatkan peluang yang ada atau pergi begitu saja?
Jum’at lalu, 4 September 2015, bertempat di Balai Sidang Universitas Indonesia – Depok, tim Tokopedia mengajak ratusan peserta yang hadir di acara Tokopedia MeetUp untuk senantiasa kreatif dan berjiwa bisnis yang tinggi. Sebagai pembuka acara, Mbak Nurul memberikan kata sambutan sebagai perwakilan dari Direktorat Inovasi & Inkubator Bisnis UI.
Tak hanya mahasiswa dari Universitas Indonesia saja yang menghadiri acara ini, namun hadir juga pelajar-pelajar SMK dengan antusiasme yang tinggi. Bagi mereka tak perlu tunggu usia tua untuk meraih sukses, anak muda pun bisa!
Makin siang makin seru! Acara yang dipandu oleh Bagus & Kamila dari Tim BMD Tokopedia ini menantang peserta yang hadir untuk main games uji kecermatan. Ada 8 peserta yang menerima tantangan untuk hitung cepat dengan menggunakan kalkulator di gadget masing-masing. Dari 8, terpilihlah 2 pemenang dan pemenang utama mendapatkan voucher belanja Tokopedia.
Ups, disela-sela acara Kamila menerima telepon dari Ibunya. Beliau meminta Kamila untuk membelikan mainan generasi 90an sebagai hadiah kelahiran sepupunya. Nah, kebetulan Bagus mengajak temannya yang merupakan salah seorang penjual mainan generasi 90an di Tokopedia.
Fachrudin, owner dari Juragan Mainan di Tokopedia bercerita bahwa awalnya ia adalah seorang cleaning service. Ia termotivasi sejak membaca sebuah buku yang membuatnya jadi lebih semangat untuk berbisnis dan lebih sukses dari saat itu. Usahanya membuahkan hasil. Sekarang ia memiliki 3 orang karyawan dan berhasil menciptakan peluang!
Tak jauh berbeda dengan Fachrudin, hadir juga Bayu yang bercerita bahwa ia memutuskan untuk berjualan online di Tokopedia untuk biaya kuliah. Sekarang ia pun sudah berhasil menciptakan lapangan pekerjaan dan memberi peluang bagi sekitarnya.
Setelah itu dilanjutkan dengan presentasi dari Dini Ghassani, Business and Merchant Development Tokopedia yang menjelaskan mengenai perkembangan E-commerce di Indonesia dan peluang-peluang kesuksesan yang ada di depan mata.
Dini juga menjelaskan bahwa “Bisnis itu bukan magic, perlu kerja keras dan ketekunan untuk bisa sukses di dalamnya”.
Selain itu ada workshop juga loh yang dipandu oleh tim Tokopedia. Ternyata hampir rata-rata sudah download aplikasi Tokopedia di gadget masing-masing hehe. Mereka pun tampak tidak segan untuk bertanya mengenai peluang bisnis yang bisa mereka ciptakan lewat Tokopedia.
Sebelum acara berakhir, semua peserta juga sempat foto bersama loh dengan tim Tokopedia. Semoga acara ini senantiasa menyemangati Toppers agar dapat selalu memanfaatkan peluang yang ada. Yuk #CiptakanPeluangmu bersama Tokopedia!
Sumber: Tokopedia MeetUp: Bisnis Itu Bukan Magic, Ciptakan Peluangmu dan Gapai Mimpimu, by Tokopedia