Penyerahan Simbolis Bus Listrik UI – Pemerintah Dalam Mendukung Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022

Depok, 10 Juni 2022

Installed Plugins

Direktorat Inovasi dan Science Techno Park Universitas Indonesia (DISTP UI), sebagai direktorat yang tergabung di dalam Bidang Riset dan Inovasi UI, merupakan direktorat yang berperan aktif dalam mendorong peningkatan inovasi. Selain itu, DISTP juga berfokus mendorong lahirnya kewirausahaan yang dibina melalui inkubator bisnis, peningkatan Kekayaan Intelektual (KI), serta pengembangan Science Techno Park (STP) di lingkungan Universitas Indonesia, sesuai dengan visi untuk menjadi unit kerja yang berperan aktif dalam meningkatkan inovasi dan kewirausahaan di lingkungan UI dalam rangka membantu penyelesaian masalah nasional dan global.

Kegiatan ini merupakan kegiatan Penyerahan Simbolis Bus Listrik dari PT MAB ke Universitas Indonesia dan dari Universitas Indonesia ke Pemerintah dalam rangka mendukung kegiatan Presidensi G20. G20 atau Group of Twenty merupakan sebuah forum utama kerja sama ekonomi internasional yang beranggotakan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia, terdiri dari

19 negara dam satu lembaga Uni Eropa. Indonesia memegang Presidensi G20, forum kerja sama

20 Ekonomi utama dunia yang akan berlangsung selama satu tahun, mulai 1 Desember 2021 hingga 30 November 2022.

Tim Riset Kendaraan Listrik Universitas Indonesia (UI) Dr-Ing. Mohamad Aditya menyatakan bahwa

UI telah membuat berbagai produk terkait dengan kendaraan listrik untuk masa depan transportasi.  Saat ini, Bus Listrik Universitas Indonesia sedang dalam tahap produksi oleh PT Mobil Anak Bangsa Indonesia (MABI).

Adapun tujuan dari penyelenggaraan kegiatan ini adalah :

1. Penyerahan Simbolis Bus Listrik dari PT MAB ke Universitas Indonesia.

2. Penyerahan Simbolis Bus Listrik dari Universitas Indonesia ke Pemerintah.

3. Sebagai komitmen Universitas Indonesia dalam mendukung penyelenggaraan Presidensi G20.

4. Mendorong terciptanya produk riset inovasi UI, khususnya dalam bidang kendaraan listrik. Kegiatan ini akan di selenggarakan pada hari Jumat, 10 Juni 2022 jam 08.45 WIB – 11.45 WIB di Ruang Balai Sidang Universitas Indonesia.

Kegiatan ini diselenggarakan secara online dan offline. Dimana dalam kegiatan ini, semua pembicara dan tamu undangan diundang untuk hadir secara offline, dan kegiatan tersebut akan disiarkan secara online melalui kanal youtube UI dan UI Teve. Kegiatan offline diselenggarakan di Balai Sidang Universitas Indonesia. Selain itu, akan ada rangkaian kegiatan berupa keliling kampus menggunakan Bus Listrik UI.

Adapun penyelenggara kegiatan ini adalah DISTP sebagai koordinator dengan dibantu oleh berbagai unit kerja UI seperti: Humas, DPASDP, PLK, K3L, DAPPRI, DOPF, DSTI, dan Tim Riset Kendaraan Listrik UI.

Stay Connected
Latest News